Jumat, 12 Oktober 2012


SEHAT MENGHADAPI “BAHAYA MONITOR”
            Para pekerja kerah putih sering kali menghadapi bahaya pekerjaan. Mreka yang sering kali menggunakan  computer atau video display terminal (VDT) tak jarang mengeluh karena rasa perih di mata, punggung dan bahu tersa ngilu serta sres.monitor memeang tidak secara langsung memancarkan sinar radiasi yang berbahaya. Tapi pemakaian yang terlalu lama, posisi monitor yang tidak tepat, pencahayaan yang kurang, postur tubuh yang salah dan waktu yang sempit memiliki pengaruh besar terhadap ketidak nyamanan berkaitan dengan pemakaian monitor.
            dengan membuat beberapa penyesuain yang kecil, para pekerja kantor serta mahasiswa  bisa melindungi diri mereka dari masalah-masalah yang berkaitan dengan pemakaian monitor.
Ada tips nich untuk menghindari ketegangan mata:
v  Kurangi cahaya yang menyilaukan mata dengan menjauhkan monitor dari jendela, letakkan lampu di atas atau di belakang kepala dan gunakan filter-glass di depan layar monitor untuk mengurangi radiasi atau siaun monitor.
v  Tempatkan kertas kerja sedekat mungkin sehingga anda tidak perlu mefokuskan kembali pandangan anda ketika beralih dari monitor ke kertas kerja.gunakan paper holder (pengkait kertas).
v  Tempatkan layar sedemikian rupa sehingga sudah pandandang 10-15 (± 1/3 dari sudut 45©)di bawah horizontal.
v  bersihkan debu dari layar sesering mungkin.
v  Berkedip sesering mungkin untuk menjaga mata anda tetap basah.
v  Biri tahu ahli optic bila anda bekerja di depan computer. Kaca mata/kontak lensa yang anda gunakan selama aktivitas-aktivitas lain mungkin tidak akan cocok atau efektif bila di pakai selama bekerja di depan monitor (anda memerlukan lensa visi tunggal untuk kerja di depan monitor.
v  Jika gambar di layar VDTterlihat buram, pudar atau berkedip-kedip, maka perbaiki monitor secepat mungkin untuk melindungi ketegangan otot ketika anda bekerja di depan computer.
v  Gunakan kursi yang mendukung punggung anda dan bisa dengn mudah di sesuiakan dengan tingginya sehingga nyaman di duduki.
v  Bangn dan pergilah berjalan-jalan setiap 1-2 jam (olahraga sehat yaitu sholat 5 waktu).
v  Secara periodic, lakukan latihan perenggangan leher, bahu dan punggung bagian bawah.
Ø  Putarlah kepala anda dalam gerak melingkar, pettama-tama searah jarum jam dan kemudian berlawanan denan jarum jam.
Ø  Gerakkan bahu anda ke atas, ke bawah, ke belakang dan kedepan.
Ø  Ketika berdiri atau duduk, tekuk pinggang anda, petama-tama ke kiri, kemudian ke kanan.
*Wa Mā Bikum Min Ni`matin Famina Allāhi Thumma 'Idhā Massakumu Ađ-Đurru Fa'ilayhi Taj'arūna*
(Q.S Annahal:53)
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan”(Q.S annahal: 53)
JJ MARI  JAGA KESEHATAN KITA SEBELUM DATANG SAKIT…. J J

Tidak ada komentar: